Manfaat Buah Pisang Bagi Ibu Hamil yang Wajib Bunda Ketahui - www.TempatBerbagi.xyz
Saturday 18 March 2017

Manfaat Buah Pisang Bagi Ibu Hamil yang Wajib Bunda Ketahui

Kehaamil tentunya menjadi suatu kabar bahagia yang ingin didengar oleh pasangan suami istri. Kehamilan pertama tentunya sangat mendebarkan bagi calon ibu. Anda tentu memiliki rasa penasaran yang besar tentang kehamilan anda yang akan berujung pada mencari berbagai informasi baik dari kalangan ibu-ibu yang lain, majalah, maupun online. Untuk calon ibu yang masih sangat baru dan asing dengan dunia kehamilan dan perkembangan janin, anda harus tahu bahwa kehamilan anda terbagi dalam tiga trimester.

Kehamilan harus dijaga sebaik mungkin sehingga sang Ibu dapat bersalin dengan lancar dan bayinya terlahir dengan sehat tanpa kurang suatu apapun. Selain harus mengurangi aktivitas keseharian dengan tidak bekerja terlalu keras dan mengangkat beban terlalu berat salah satunya, konsumsi makanan juga harus diperhatikan. Ada berbagai makanan yang akan sangat bagus bila dikonsumsi oleh orang normal atau tidak sedang hamil, tetapi akan memberikan efek terbalik bagi yang sedang hamil.

Seorang ibu hamil memerlukan makanan yang baik untuk dirinya dan janin yang dikandung. Asam folat membantu mencegah cacat bawaan pada anak. Sekitar 85-100 kalori terkandung dalam pisang, hal ini penting untuk pembentukan sel-sel baru pada janin. Selain itu pisang dapat mengurangi morning sickness pada ibu hamil dan menjaga kadar gula darah tetap stabil pada ibu hamil.

Pada masa-masa kehamilan seorang ibu disarankan untuk jeli memilih makanan yang kaya akan nutrisi. Nutrisi tersebut diperuntukkan bagi pertumbuhan janin yang ada didalam perut ibu hamil maupun untuk kesehatan ibu itu sendiri. Apabila anda tidak memiliki alergi terhadap buah pisang maka anda bisa menjadikan pisang sebagai salah satu buah yang bisa dikonsumsi pada masa-masa hamil.

Pisang adalah salah satu buah yang paling populer dimasyarakat. Dalam acara selamatan apapun, pisang tak pernah ketinggalan. Sementara itu tiap keluarga rata-rata menyediakan pisang dirumah untuk pencuci mulut setelah makan. Pisang juga fleksibel, bisa dimakan masakn segar, maupun dibuat dalam bentuk makanan olahan.

Pisang merupakan salah satu buah yang di gemari oleh semua lapisan masyarakat dari berbagai usia. Ini dikarenakan, buah ini mudah di dapatkan di semua tempat serta dengan harga yang relatif terjangkau. Buah ini sangat cocok sebagai makanan pencuci mulut setelah makan. Maka dari itulah, banyak di antara kita yang menghidangkan buah ini di menu hariannya. Mengkonsumsi pisang ternyata banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Pisang adalah asupan makanan alami terbaik bagi ibu hamil, kandungan asam folat yang terkandung dalam buah pisang sangat baik untuk kesehatan kehamilan dan janin. Asam folat pada buah pisang sangat mudah diserap janin melalui rahim ibu.

Inilah manfaat buah pisang bagi kesehatan ibu hamil yang wajib diketahu oleh para ibu hamil, diantaranya sebagai berikut:


#1. Sumber Vitamin B

Kandungan zat besi dan vitamain B bisa membantu ibu hamil mencegah penyakit anemia yaitu kekurangan zat besi yang menjadi penyebab utama kematian pada ibu saat melahirkan.

#2. Sebagai Sumber Kalium

Kandungan kalium pada Buah Pisang paling banyak diantara buah buahan lainya. Rata-rata terdapat 200-350 mg kalium dalam 1 buah pisang sehingga mencukupi kebutuhan asupan gizi ibu hamil (kalium ) harian yang dianjurkan. Kalium pada buah pisang juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tekanan darah agar tetap normal, direkomendasikan banyak dikonsumsi oleh ibu hamil yang menderita tekanan darah tinggi.

#3. Asam Folat

Asam Folat bermanfaat untuk perkembangan sistem syaraf dan ginjal janin. Kandungan Asam folat pada buah pisang sangat mudah diserap janin melalui rahim.

#4. Memiliki Sumber Kalsium yang Dibutuhkan

Mungkin anda tidak asing dengan fungsi kalsium bagi tubuh, namun apakah anda menyangka bahwa buah pisang juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Kalsium dibutuhkan pada saat masa kehamilan untuk membentuk sistem kerangka pada anak dan perkembangan tulang pada janin. Selain itu kalsium juga bermanfaat bagi kesehatan tulang sang ibu.

#5. Memiliki Kandungan Antioksidan yang Tinggi

Manfaat buah pisang untuk ibu hamil yang tak kalah penting ada pada kandungan antioksidan yang dimilikinya. Antioksidan merupakan sumber penting bagi peningkatan sistem kekebalan tubuh janin dan sang ibu. Kandungan antioksidan ini hadir bersama vitamin C yang dikandung oleh buah pisang. Vitamin C merupakan sumber vitamin yang memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

#6. Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil juga Ada pada Proteinnya

Protein selalu dikaitkan dengan proses pertumbuhan. Makanan yang kaya akan protein selalu menjadi hal yang bagus bagi pertumbuhan manusia sehingga juga cocok bagi ibu hamil. Anda bisa mengkombinasikan buah pisang dengan beberapa jenis makanan lain. Jika anda seorang vegetarian, mengkonsumsi buncis maupun kacang-kacangan juga baik untuk memenuhi kebutuhan protein selama masa kehamilan dan anda bisa menutup menu anda dengan buah pisang.

#7. Buah Pisang Bagus untuk Sel Darah

Manfaat buah pisang untuk perkembangan sel darah merah tidak bisa lepas dari khasiat vitamin B6 yang ada pada buah pisang. Vitamin B6 yang berperan aktif sebagai neurotransmitter membuat perkembangan sel darah merah dalam tubuh menjadi lancar dan produktif. Hal ini juga mencegah anda mengalami anemia pada masa kehamilan. Mencegah anemia merupakan salah satu manfaat buah pisang untuk ibu hamil yang wajib diketahui oleh para ibu hamil. Anemia merupakan masalah prenatal umum pada kehamilan. Anemia bisa saja mengakibatkan komplikasi yang berdampak pada kesehatan janin dan sang ibu. Oleh karena itu mengkonsumsi pisang menjadi salah satu solusi untuk mencegah anemia dan menyehatkan kandungan anda.

#8. Mengurangi Rasa Mual

Rasa mual menjadi kejadian lumrah pada ibu yang sedang hamil, mungkinkah anda mengalaminya setiap hari? lalu bagaimana cara mengurangi rasa mual tersebut ? Mual adalah hal wajar yang sering dialami oleh ibu hamil pada trimester pertama, bahkan hampir sebagian besar ibu hamil akan mengalami rasa mual ketika pada tiga bulan pertama kehamilan tersebut. Untuk mengurangi rasa mual tersebut anda bisa menggunakan buah pisang sebagai salah satu solusi mengurangi rasa mual pada ibu hamil.

#9. Mengurangi Resiko Sembelit

Sembelit bisa dibilang sepaket dengan rasa mual pada ibu hamil. Sembelit saat masa hamil cukup menggangu dan terasa sangat menyakitkan, oleh karena itu anda bisa mengurangi rasa sakit / resiko sembelit menggunakan buah pisang. Kandungan serat pada pisang akan membantu tubuh anda melakukan proses pencernaan menjadi lebih halus dan mendorong kotoran dari usus halus untuk dikeluarkan dari tubuh melalui sistem pencernaan.

Demikian informasi yang dapat diberikan mengenai manfaat buah pisang bagi kesehatan ibu hamil. Semoga bermanfaat dan senantiasa menjaga kesehatan selama proses kehamilan berlangsung agara anda dan janin anda selamat dan sehat tentunya. dan sampai jumpa lagi di artikel yang lain.

0 komentar:

Post a Comment