Mnafaat Bayam untuk Ibu Hamil yang Wajib Bunda Ketahui - www.TempatBerbagi.xyz
Sunday 19 March 2017

Mnafaat Bayam untuk Ibu Hamil yang Wajib Bunda Ketahui

Masa-masa kehamilan merupakan masa yang penting untuk menjaga tumbuh kembang janin anda selama sembilan bulan sehingga kebutuhan nutrisi janin dapat dilengkapi untuk meminimalisir gangguan kesehatan janin. Pada sisi lain beberapa gangguan kesehatan mungkin bisa terjadi pada anda apalagi di trimester pertama meskipun pada setiap wanita memiliki perbedaan dalam mengalaminya seperti mual, pusing, kehilangan selera makan.

Sebisa mungkin ibu hamil harus mendapatkan asupan nutrisi dari makanan yang telah dikonsumsinya setiap hari apalagi anda ibu hamil yang berada pada trimester pertama dimana janin sangat membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap dalam tumbuh kembangnya.

Oleh sebab itu, bagi ibu hamil sayuran merupakan makanan sehat bagi ibu hamilnya sendiri beserta janinnya juga. Sayuran sangat penting untuk ibu hamil. Kekurangan sumber vitamin dari sayuran bisa menjadi hal yang sangat berbahaya untuk ibu maupun janin yang dikandungnya.

Ada banyak sekali macam sayuran yang bagus dan banyak direkomendasikan dimana salah satunya adalah sayur bayam. Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang bisa ditemui dengan mudah di lingkungan sekitar karena harganya yang cukup murah dan menyehatkan sehingga banyak orang yang gemar mengonsumsinya. Bayam sendiri memiliki banyak kandungan baik bagi kesehatan seperti vitamin, zat besi dan mineral. Bayam bukan hanya enak dikonsumsi dengan dimasak sebagai sayur bayam melainkan juga enak dijadikan sebagai camilan yaitu dengan dibuat keripik bayam.

sayur bayam memang terbukti memberikan banyak manfaat untuk kesehatan terutama untuk Ibu hamil dan menyusui. Dijelaskan pada situs vurv.cz, bahwa sayur bayam banyak mengandung serat, vitamin, mineral yang sangat tinggi terutama zat besi. Selain itu, sayur bayam juga mengandung antioksidan, dan baik untuk menu diet setelah persalinan karena mampu menurunkan berat badan.

Mitos yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi bayam saat hamil dapat menimbulkan beberapa risiko kesehatan, rupanya bukan isapan jempol belaka. Pasalnya, dari riset yang dilakukan oleh University of Cambridge diketahui bahwa bayam mengandung berbagai senyawa berbahaya yang dapat menyebabkan gangguan-gangguan pada kehamilan.

Perlu Anda ketahui, bahaya sayur bayam bisa dipicu karena kesalahan saat memasak. Letak kesalahan memasak sayur bayam ini adalah, ketika Anda memasaknya terlalu banyak namun tidak langsung dihabiskan dalam jangka waktu 5 jam setelah proses pemasakan.

Selain itu, sayur bayam juga tidak boleh dikonsumsi setelah dipanaskan berulang kali. Hal tersebut dikarenan terjadi proses oksidasi antara udara dan zat besi yang terkandung dalam bayam. Ketika terlalu banyak berekasi dengan udara, zat besi yang ada dalam bayam berubah menjadi senyawa Ferro yang bersifat racun dan sangat berbahaya untuk tubuh dan janin.

Bayam (Amaranthus spp.) merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting.

Bayam adalah tanaman sayur-sayuran dengan nama ilmiah Amaranthus spp. Kata "amaranth" dalam bahasa Yunani berarti "everlasting" (abadi). Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting. Tanaman bayam berasal dari daerah Amerika tropik. Tanaman bayam semula dikenal sebagai tumbuhan hias. Bayam dapat tumbuh sepanajng tahun, dimana saja, baik didataran rendah maupun didataran tinggi. Pertumbuhan paling baik pada tanah subur dan banyak sinar matahari. Suhu yang baik 25-36 c dan pH tanah antara 6-7.

Bayam relatif tahan terhadap pencahayaan langsung karena merupakan tumbuhan C4. Batang berair dan kurang berkayu. Daun bertangkai, berbentuk bulat telur, lemas, berwarna hijau, merah, atau hijau keputihan. Bunga tersusun majemuk tipe tukal yang rapat, bagian bawah duduk di ketiak, bagian atas berkumpul menjadi karangan bunga di ujung tangkai dan ketiak percabangan. Bijinya berwarna hitam, kecil dan keras.

Bayam sebagai sayur hanya umum dikenal di Asia Timur dan Asia Tenggara, sehingga disebut dalam bahasa Inggris sebagai Chinese amaranth. Di Indonesia dan Malaysia, bayam sering disalahartikan menjadi "spinach" dalam bahasa Inggris (mungkin sebagai akibat penerjemahan yang dalam film kartun Popeye), padahal nama itu mengacu ke jenis sayuran daun lain - lihat Bayam (Spinacia).

Inilah manfaat sayuran bayam untuk ibu hamil yang wajib di ketahui, diantaranya sebagai berikut:


#1. Kandungan asam folat yang tinggi

Bayam mengandung asam folat yang cukup tinggi. Asam folat memiliki banyak khasiat bagi ibu hamil beserta janinnya seperti membantu pembentukan tabung syaraf pada bayi pada masa awal kehamilan, mengurangi resiko bayi terlahir dengan cacat dan lain sebagainya. manfaat asam folat bagi ibu hamil juga dapat digunakan untuk menghindarkan bayi lahir dengan berat badan yang rendah.

Kekurangan asam folat tidak hanya berpengaruh pada janin yang tengah dikandung melainkan juga berdampak buruk pada ibu hamil. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan ibu mudah merasa lelah, nafsu makan berkurang, radang gusi, pelupa hingga gangguan pencernaan berupa diare.

#2. Menghindarkan ibu hamil dari anemia

Bayam mengandung manfaat kalsium dan manfaat zat besi yang berperan dalam membantu pembentukan sel darah merah sehingga mampu mencukupi kebutuhan darah pada rahim. Tercukupinya darah merah dalam tubuh dapat menghindarkan ibu hamill dari gejala anemia.

#3. Menurunkan tekanan darah

Khasiat bayam bagi ibu hamil yang selanjutnya adalah untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh ibu. Saat masa-masa kehamilan, hipertensi dalam kehamilan merupakan salah satu jenis gangguan yang bisa saja terjadi. Tekanan darah tinggi pada saat masa kehamilan dapat diatasi menggunakan kandungan nitrat yang terdapat di dalam bayam.

#4. Mencegah wasir

Wasir dan sembelit merupakan gejala kehamilan yang banyak dialami oleh para ibu hamil. Mengkonsumsi bayam dapat membantu anda terhindar atau setidaknya mengurangi kedua gejala tersebut. Hal ini dikarenakan bayam mengandung serat yang bagus untuk menangani gejala pencernaan seperti sembelit.

#5. Mengurangi nyeri hamil

Tidak jarang ibu hamil mengalami rasa nyeri saat kehamilan. Nyeri pada ibu hamil dapat terjadi karena berat badan yang bertambah dengan cepat serta perubahan hormon di dalam tubuh yang berakibat pada tulang dan otot yang terasa nyeri. Bayam memiliki kandungan sehat yang berupa agen anti inflamasi, glikolipid yang mampu meredakan rasa nyeri dan sakit di kala kehamilan.

#6. Membantu pertumbuhan paru-paru janin

Bayam mengandung beta karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. vitamin A untuk ibu hamil tersebut dapat digunakan untuk membantu pertumbuhan paru-paru pada bayi yang masih dalam kandungan. Tidak hanya itu, namun dengan mengonsumsi vitamin A secara cukup, dapat membantu meningkatkan metabolisme ibu serta bagus untuk mendapatkan berat badan yang cukup bagi bayi.

#7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat dapat diandalkan untuk mengatasi radikal bebas penyebab penyakit supaya tidak menyerang tubuh. Bayam memiliki kandungan vitamin C yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

#8. Mencegah Cacat Lahir

Bayam mengandung banyak folat atau asam folat. Anda membutuhkan asam folat selama kehamilan untuk melindungi bayi Anda yang belum lahir dari cacat lahir seperti bibir sumbing, dll.

#9. Mengurangi Resiko Bayi Lahir Prematur

Jika Anda tidak mengkonsumsi asam folat dalam jumlah yang cukup selama masa kehamilan, kemungkinan Anda beresiko tinggi mengalami keguguran. Dengan kandungan folatnya yang tinggi, bayam dapat mencegah kelahiran prematur.

#10. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Apakah Anda sering pilek dan penyakit umum lainnya selama kehamilan? Itu disebabkan sistem kekebalan tubuh Anda lemah selama masa hamil. Bayam mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup, yang mana vitamin C merupakan antioksidan. Vitamin C dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap sehat dan mencegah penyakit umum lainnya.

#11. Mengandung Kalsium

Tubuh Anda yang sedang hamil membebani tulang Anda. Bukan hanya itu, bayi yang belum lahir juga membutuhkan kalsium untuk pertumbuhannya. Bayam mengandung kalsium dan dapat menguatkan tulang Anda.

#12. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Mengkonsumsi bayam dengan cukup porsi proposional dapat membantu sistem pencernaan karena bayam kaya akan serat. Namun jika terlalu banyak juga dapat mengakibatkan pencernaan terganggu pada ibu hamil. Jadi jangan berlebihan mengkonsumsi bayamnya.

Demikian informasi singkat yang dapat diberikan mengenai manfaat bayam untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat dan senantiasa menjaga kesehatan selama kehamilan berlangsung yang salah satunya mengkonsumsi sayuran bayam. Tapi ingat, harus benar cara memasaknya sesuai dengan yang telah dianjurkan agar manfaatnya terasa dan tidak menimbulkan racun. Sampai jumpa lagi di artikel yang lain.
Next
This is the most recent post.
Older Post

0 komentar:

Post a Comment