Atasi Batuk dengan Kencur - www.TempatBerbagi.xyz
Friday 3 February 2017

Mengatasi Batuk Membandel Dengan Minuman Air Kencur

Tempatberbagi.xyz - Semua orang pastinya mengenal batuk dan pernah mengalaminya. Ada batuk yang ringan dan ada batuk yang berat. Ada batuk berdahak dan batuk kering. Dalam tubuh manusia memiliki sistem pertahanan untuk melawan gangguan dari luar. Salah satunya adalah batuk.

Batuk adalah respons alami yang dilakukan tubuh untuk membersihkan lendir atau faktor penyebab iritasi pada tenggorokan, seperti debu atau asap, agar keluar dari saluran pernapasan kita. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.

Ada dua jenis batuk meliputi batuk kering dan batuk berdahak. Batuk kering adalah batuk yang tidak disertai oleh dahak dengan saluran pernafasan terasa gatal yang luar biasa sehingga merangsang batuk. Indikasi awal batuk kering biasanya adalah rasa gatal di tenggorokan yang memicu batuk. Batuk yang tanpa dahak ini biasa terjadi saat tenggorokan dan saluran pernapasan bagian atas sedang mengalami peradangan.

Batuk berdahak adalah batuk yang disertai dahak yang berwarna kuning atau kehijauan akibat terjadinya infeksi pada saluran pernafasan. Dahak pada batuk ini bisa menyumbat pernafasan apabila tidak segera ditangani dan diatasi. Batuk berdahak, batuk-batuk justru sangat membantu karena akan mengeluarkan dahak dari saluran paru-paru.

Penyebab batuk bermacam – macam, diantaranya:

  • Batuk umumnya disebabkan oleh infeksi di saluran pernapasan bagian atas yang merupakan gejala flu.
  • Infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA).
  • Alergi
  • Asma atau tuberculosis
  • Benda asing yang masuk kedalam saluran napas
  • Tersedak akibat minum susu
  • Menghirup asap rokok dari orang sekitar
  • Masalah emosi dan psikologis (untuk batuk psikogenik)

Untuk itu, mari segera atasi batuk anda dengan obat tradisional ini.

Tentunya semua orang pasti mengenal dengan yang namanya kencur. Kencur adalah salah satu jenis dari tanaman obat tradisional yang ditanam dan berada di daerah dataran rendah. Tumbuh menggeletak pada permukaan tanah dan tumbuh dengan helaian daun yang jarang. Kencur adalah salah satu jenis tanaman yang biasa digunakan untuk bahan makanan dan obat tradisional yang sudah dikenal dari zaman dahulu hingga sekarang.

Biasanya kencur sering digunakan sebagai obat sakit tenggorokan. Akan tetapi, selain bisa berkhasiat untuk sakit tenggorokan, kencur berfungsi sebagai obat sakit kembung, masuk angin, obat batuk, penambah nafsu makan, disentri, infeksi bakteri, sakit perut, ekspektoran, dll. Dan masih banyak lagi manfaat dari tanaman kencur ini.

Cara mengobati batuk dengan kencur ini adalah dengan cara ambilah dua rimpang kencur di cuci sampai bersih. Parut kencur lalu campurkan dengan segelah air hangat. Aduk rata dan disaring, lalu ambil airnya. Tambah sedikit garam dapur dan minum air ramuan tersebut sampai habis. Untuk perawatan, lakukan satu kali sehari.

Demikian informasi yang dapat diberikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkan informasi seputar mengatasi batuk dengan menggunakan tanaman herbal tradisional.

0 komentar:

Post a Comment