Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib di Ketahui - www.TempatBerbagi.xyz
Thursday 2 March 2017

Buah Nanas Untuk Kesehatan

Siapa sih yang gak mengenal buah nanas? Buah nanas sangat mudah ditemukan dipasaran, bahkan tersedia sepanjang tahun. Harganya yang sangat terjangkau, sekaligus menjadi pilihan buah terbaik terutama bagi masyarakat yang tinggal diwilayah tropis. Walaupun buah ini banyak khasiat dan manfaatnya, namun perlu berhati-hati bagi wanita yang sedang hamil. Buah nanas mengandung bromelian, yang menjadikannya sebagai salah satu buah yang tidak boleh dimakan Ibu Hamil

Buah Nanas merupakan salah satu buah tropis yang banyak digemari di negeri sendiri. Rasa keasaman pada nanas, sering membuat nanas dijadikan macam-macam hidangan kuliner seperti rujak, asinan atau sebagai bahan pelengkap pada resep masakan. Saat ini memperoleh nanas juga tidak susah, kita dapat menemukannya di pasar tradisional atau supermarket. Bagi anda yang menyukai buah nanas ini, tentu saja tidak hanya memanjakan lidah tapi dibalik kenikmatannya itu, tersimpan manfaat nanas yang luar biasa.

Buah nanas (Ananas comosus (L.) Merr.) merupakan tanaman buah yang berasal dari Brasil. Di Indonesia, nanas biasanya ditanam di perkebunan dan untuk diambil buahnya. Subang merupakan daerah penghasil nanas terbesar di Indonesia. Buah nanas selain di makan secara langsung, bisa juga diawetkan dengan cara direbus dan diberi gula, dibuat selai, atau dibuat sirop.

Buah Nanas adalah buah yang mengandung air tinggi, yang memiliki rasa lezat dan menyegarkan. Tidak hanya itu saja, sebab buah yang berwarna kuning cerah ini juga banyak menyediakan untuk kita vitamin, mineral, antioksidan, dan enzim yang bersifat mempromosikan pencernaan, meredakan asam lambung, mengurangi peradangan, dan membantu memecah protein hewani.

Tumbuhan nanas termasuk tumbuhan kering yang menyimpan air. Ananas comosus termasuk tumbuhan CAM. Pada pemasukan pendahuluan CO2 kedalam asam organic, yang diikuti oleh transfer CO2 kedalam siklus Calvin hanya dipisahkan sementara. Dan fiksasi carbon ke dalam asam organic terjadi pada malam hari dan sering disebut metabolisme asam krasulase sedangkan siklus Calvin pada siang hari. Tumbuhan seperti nanas ini membuka stomata malam hari dan menutup stomatanya siang hari dan pada. Sel mesofilnya menyimpan asam organik yang dibuatnya didalam vakuola saat malam hari sampai pagi (Yulianti, 2008).

Di Indonesia pada mulanya hanya sebagai tanaman pekarangan, dan meluas dikebunkan di lahan kering (tegalan) di seluruh wilayah nusantara. Tanaman ini kini dipelihara di daerah tropik dan sub tropik.

Nanas tumbuh pada daerah dataran rendah dengan ketinggian 100-200 m di atas permukaan laut.Di daerah dataran tinggi, tanaman ini masih dapat tumbuh sampai ketinggian 1200 m dpl.Pertumbuhan optimum tanaman nanas antara 100-700 m dpl.

Kelembapan tanah yang berlebihan pada awal pembungaan dapat menghambat pertumbuhan buah dan menghasilkan daun yang berlebihan. Sedangkan kelembapan yang berlebihan pada saat pembungaan akan menurunkan mutu. Suhu yang sesuai untuk budidaya tanaman nanas adalah 29-32 0C, tetapi juga dapat hidup di lahan bersuhu rendah sampai 10.

Buah nanas yang kaya akan vitamin dan mineral, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, dalam menyajikan buah nanas, dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti dipotong-potong beberapa bagian, hingga dapat dibuat jus yang segar untuk dinikmati. Buah ini terasa sedikit asam namun tetap enak untuk dikonsumsi, dan akan terasa lebih nikmat ketika dibuatkan dalam bentuk jus.

Selain itu, manfaat buah nanas juga banyak. Buah Nanas memiliki bentuk yang unik dimana dagingnya diselimuti oleh duri-duri serta diatasnya terdapat mahkota yang juga berupa duri. Walaupun banyak durinya, nanas memiliki warna kuning cerah yang cukup memikat. Buah yang satu ini memang memiliki rasa yang segar. Dibalik rasanya yang segar dan warnanya yang memikat, nanas memiliki manfaat yang sangat luar biasa.

Selain bermanfaat sebagai makanan, buah nanas juga berkhasiat sebagai obat tradisional. Selain itu, kandungan vitamin seperti vitamin C dan mineralnya sangat baik untuk kesehatan. Khasiat buah nanas antara lain mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan, membantu mencernakan makanan di lambung, antiradang, peluruh kencing (diuretik), membersihkan jaringan kulit yang mati (skin debridement), mengganggu pertumbuhan sel kanker, menghambat penggumpalan trombosit (agregasi platelet), dan mempunyai aktifitas fibrinolitik. Buah muda rasanya asam, berkhasiat memacu enzim pencernaan, antelmintik, diuretik, peluruh haid (emenagog), abortivum, peluruh dahak (mukolitik), dan pencahar.

Inilah manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya:


#1. Menyegarkan tubuh

Buah nanas ini sangat menyegarkan tubuh, terutama di siang hari, sembari menghilangkan lelah dan jenuh setelah bekerja seharian.

#2. Menjaga kesehatan gusi

Kandungan vitamin C yang tinggi berfungsi untuk menurunkan resiko peradangan gusi, dan juga penyakit lainnya yang berhubungan dengan gusi.

#3. Pencegahan Katarak

Vitamin C memainkan peran yang penting dalam masalah kesehatan mata. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan tinggi vitamin C berkhasiat untuk mengurangi risiko katarak. Para ahli bahkan tidak sedikit menyarankan untuk mengkonsumsi kandungan vitamin C ini sebagai pencegahan utama dari bahaya resiko katarak. Vitamin C secara umum bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata serta mencegah degenerasi manula.

#4. Mencegah Asma

Nanas merupakan sumber yang baik dari beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A aktif selama proses pencernaan di dalam tubuh. Sejumlah studi menunjukkan bahwa kandungan beta karoten bermanfaat untuk mengurangi risiko asma akibat olahraga. Tetapi penelitian ini masih dalam tahap awal.

#5. Untuk kesuburan pria dan wanita

Jus nanas memiliki kandungan penting beberapa vitamin dan mineral, seperti vitamin C, beta karoten, tembaga, seng, dan folat. Yang kandungan tersebut memiliki manfaat dalam membantu meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Walaupun terdapat bukti hanya berupa “anekdot” bahwa jus nanas memiliki manfaat dalam seksualitas, akan tetapi belum ada bukti ilmiah untuk mendukung teori ini.

#6. Meminimalisir penyakit sinusitis

Salah satu gejala sinusitis yaitu hidung tersumbat oleh lendir yang tidak bisa dikeluarkan, yang hal itu mengakibatkan tubuh mengalami pilek yang terus menerus . Sinusitis berbeda dengan influenza, dimana kondisi sinusitis yaitu lendir yang menyumbat hidung yang teperangkap di dalam sebuah rongga sehingga sulit dikeluarkan sehingga sangat sulit di keluarkan.

Pada beberapa kasus yang terjadi, penderita sinusitis perlu melakukan operasi untuk mengeluarkan lendir yang menyumbat jalanya pernafasan di jalur hidung.

Buah nanas bisa berperan dalam meminimalisir masalah sinusitis ini. karena buah nanas mengandung enzim yang berfungsi mencerna protein yaitu enzim bromelain, yang berkhasiat sebagai anti inflamasi. Enzim tersebut bermanfaat untuk mengurangi lendir dan peradangan sinus.

#7. Pencegahan Degenerasi Makula

Degenerasi makula adalah suatu kondisi orang dewasa yang mengalami kehilangan penglihatan. Gangguan ini menyebabkan kesulitan untuk membaca dan mengenali sesuatu dengan benar. Zat beta karoten yang terdapat pada manfaat wortel, juga ada dalam nanas yang memberdayakan penglihatan dan harus dikonsumsi secara teratur untuk kesehatan mata.

#8. Meningkatkan Imunitas

Vitamin C dalam nanas dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena efek antioksidan yang kuat. Selain itu, nanas mengandung zat asam amino yang kaya. Zat asam amino membantu peningkatan sistem kekebalan tubuh dan menjaga ketersediaan energi pada tubuh agar tidak kelelahan.

#9. Membantu Pencernaan

Seperti banyak buah-buahan dan sayuran lainnya, nanas mengandung serat makanan yang sangat penting dalam menjaga Anda teratur dan dalam menjaga kesehatan usus. Tapi tidak seperti banyak buah-buahan dan sayuran lainnya, nanas mengandung sejumlah besar bromelain, enzim yang memecah protein, mungkin membantu pencernaan, menurut American Cancer Society.

#10. Mencegah Hipertensi

Seseorang yang cenderung memiliki tekanan darah tinggi, tentunya akan berusaha untuk membuat tekanan darah kembali stabil. Pilihan makanan yang tepat menjadi salah satunya, yaitu dengan mempertimbangkan diet nanas untuk hipertensi. Jumlah kandungan kalium yang tinggi seperti yang dijumpai pada manfaat pisang. namun mengandung kandungan sodium yang rendah, akan membantu menjaga tingkat tekanan darah yang normal.

#11. Meredakan Mual

Jus nanas yang segar dapat meredakan rasa mual, misalnya untuk mengatasi morning sickness. Hal ini cukup berguna untuk ibu hamil yang biasanya mengalami mual. Hal ini juga membantu orang-orang yang sedang melakukan perjalanan denga kendaraan, yang sering menyebabkan mabuk.

#12. Menguatkan Tulang

Tidak hanya manfaat susu yang mengandung kalsium untuk kesehatan tulang. Namun zat mangan hadir dalam jumlah yang melimpah di dalam nanas dan membantu memperkuat tulang dan jaringan ikat. Secangkir jus nanas akan memberikan sekitar 73% dari mangan yang diperlukan untuk hari. Sebuah studi menunjukkan hasil bahwa mangan bersama dengan mineral lainnya, dapat membantu dalam mencegah osteoporosis pada wanita asca menopause.

#13. Mengobati Cacingan

Kupas 1 buah nanas muda, lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya, bilas dengan air masak, lalu parut. Peras dan saring hasil parutannya, lalu minumkan pada anak yang cacingan sedikit demi sedikit.

#14. Lambung terasa penuh

Ketika pencernaan terganggu, lambung akan terasa penuh walaupun hanya diisi sedikit makanan. Cara mengatasinya dengan minum jus nanas 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas (kurang lebih 150 cc). Lakukan pengobatan ini 1/2 jam sebelum makan.

#15. Menyembuhkan Keseleo, memar akibat terpukul

Jika Anak atau anggota keluarga lain mengalami kesleo, memar atau luka lebam, obati dengan buah nanas. Caranya, kupas 1 buah nanas yang sudah masak, potong-potong, lalu dijus. Minum air yang terkumpul sekaligus.

#16. Luka bakar, gatal dan bisul

Selain enak dimakan, buah nanas juga bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit kulit seperti kulit terbakar, gatal pada kulit dan bisul. Caranya, cuci daun nanas sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Balurkan pada bagian yang sakit.

#17. Mengobati Radang tenggorokan

Sakit tenggorokan mengganggu aktifitas anda? Kupas 2 buah nanas yang telah masak, lalu cuci sampai bersih. Potong-potong, lalu dijus atau diparut. Selanjutnya, peras menggunakan sepotong kain bersih. Minum air perasan yang terkumpul, sehari 3 kali, setiap kali cukup 1/3 bagian.

#18. Obat Beri-beri

Manfaat buah nanas yang lainnya adalah mengobati penyakit beri-beri. Caranya, kupas 2 buah nanas yang sudah masak, lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya, jus atau parut, lalu peras. Minum air perasannya sekaligus. Sebaiknya diminum pagi atau siang hari sesudah makan.

#19. Peradangan di kulit (dermatitis)

Sediakan 1/2 buah nanas yang telah masak. Kupas kulitnya, lalu parut. Hasil parutannya dipakai untuk menggosok kulit yang bersisik dan mengelupas, baik di kulit kepala atau bagian lain dari tubuh. Lakukan sekali sehari, malam sebelum tidur. Keesokan paginya baru dicuci bersih. Lakukan setiap hari.

#20. Mengatasi Sembelit

Kupas 3 buah nanas yang belum masak, lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya, jus atau parut, lalu peras. Minum air perasannya setelah makan, sehari 2 kali, masing-masing cukup 1/2 gelas. Lakukan secara rutin hingga sembelit hilang.

#21. Menghilangkan Ketombe

Sediakan 1/4 buah nanas masak. Kupas kulitnya, lalu parut, peras, dan saring. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis dan aduk sampai rata. Gunakan ramuan ini untuk menggosok kulit kepala yang berketombe. Lakukan malam sebelum tidur. Keesokan paginya rambut dikeramas. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

#22. Kesehatan jantung

Memperlancar kerja jantung dan mengurangi terjadinya pembekuan darah dalam aliran darah. Sejumlah penelitian, seperti di Finlandia dan China, masing-masing penelitian menunjukan hasil bahwa asupan vitamin C yang mencukupi untuk tubuh bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Demikian informasi yang dapat diberikan mengenai manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan senantiasa menjaga kesehatan tubuh yang salah satunya mengkonsumsi buah nanas. Tetapi dalam mengkonsumsi buah nanas ini untuk tidak berlebihan. Dan sampai jumpa lagi di artikel yang lain.

0 komentar:

Post a Comment