Inilah Manfaat dari Buah Salak untuk Kesehatan yang Belum Anda Ketahui - www.TempatBerbagi.xyz
Saturday 18 March 2017

Inilah Manfaat dari Buah Salak untuk Kesehatan yang Belum Anda Ketahui

Siapa yang tidak mengenal buah salak? Rasanya semua orang mengenalnnya. Karena Buah salak sudah sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia. selain itu juga, Buah salak ini mudah dikenal yaitu bersisik dan identik dengan warna coklat pada kulitnya yang disertai dengan duri halus. Daging buahnya berwarna putih dengan biji buah berwarna sama seperti kulit buahnya. Rasa buah salak bervariasi, ada yang manis dan ada juga yang manis bercampur dengan sedikit asam namun tetap lezat untuk dinikmati.

Salak merupakan salah satu jenis tumbuhan yang berbuah kapan saja karena pohon buah salak tidak mengenal musim. Buah salak mudah untuk ditemui di pasar ataupun supermarket. Buah salak memiliki rasa manis dan sedikit sepat, akan tetapi buah salak memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak seperti vitamin, serat, kalsium, saponin, tanin dan kalium. Salak pondoh merupakan kultivar yang banyak dikembangkan di lereng gunung merapi segi tenggara dan mulai dikembangkan pada tahun 1980 an, salak pondoh memiliki ukuran yang cukup besar dibandingkan dengan buah salak pada umumnya.

Dalam bahasa latin, salak disebut sallaka edulis, sedangkan di Amerika dan Eropa buah ini disebut snake fruit karena bentuk kulit yang menyerupai sisik ular. Menurut beberapa survei, salak yang tumbuh hanya di daerah tropis memang tidak setenar apel, jeruk, atau pisang karena masih banyak yang belum tahu manfaat yang terkandung pada buah salak untuk kesehatan tubuh.

Buah salak merupakan buah yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Salak memiliki rasa manis asam yang khas sehingga sangat banyak digemari banyak orang. Salak sering dikonsumsi hanya sebagai salah satu buah yang ditawarkan di meja. Terlepas dari rasanya yang segar jika dikonsumsi, buah salak juga termasuk nutrisi yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Buah salak juga sama seperti buah bergizi lainnya. Buah ini mengandung banyak nutrisi yang mampu memberikan gizi yang cukup untuk tubuh. Kandungannya yaitu lemak jenuh, karbohidrat, serat, protein, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, kalsium, besi, kalium, fosfor, magnesium, tembaga, mangan, sistein, lisin, tirosin, dan masih banyak lagi.

Adapun Kandungan gizi yang terdapat pada buah salak yaitu Selain mempunyai rasa yang manis dan sedikit asam ditambah dengan bentuknya yang cukup unik, ternyata buah salak juga mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap. Setiap 100 gr buah salak mengandung energi sebesar 368 kk, protein 0.8 g, karbohidrat 90.3 g, lemak 0.4 g, kalsium 38 mg, fosfor 31 mg, dan zat besi 3.9 mg. Selain itu, didalam buah salak juga terdapat kandungan vitamin C sebesar 8.4 mg.

Inilah manfaat buah salah untuk kesehatan tubuh kita yang wajib anda ketahui, diantaranya sebagai berikut:


#1. Menjaga kesehatan mata

Menurut beberapa hasil penelitian, salak mengandung betakarotin lima kali lebih banyak dari wortel, tomat, mangga dan semangka. Jadi jika Anda tidak menyukai wortel, bisa menggunakan salak sebagai buah alternatif memenuhi kebutuhan kesehatan mata.

#2. Obat Diare

Setiap kali mengalami diare, tidak harus terburu-buru untuk mengambil obat. Tidak ada salahnya untuk mencoba pengobatan alami. Dengan mengkonsumsi secara signifikan kurang dua puluh gram daging buah-buahan segar yang masih muda dapat membantu untuk menghilangkan penyakit diare. Selain alami, buah juga bisa sering dialami.

#3. Baik untuk Otak

Salak diakui sebagai salah satu dari beberapa buah yang sangat kaya akan Kalium dan juga Pektin, yang bermanfaat bagi otak. Ini adalah alasan orang menyebut salak sebagai buah yang bagus untuk otak. juga mengungkapkan bahwa salak diklam mampu meningkatkan kinerja otak karena kandungan pottasium dan pektin. Pottasium dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom, yang merupakan pengendali detak jantung, meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan fungsi fisiologi lainnya. Brdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan bahwa jurnal "Intregative Center Therapies" kandungan salak berupa pektin dapat mencegah dan mengobati kanker prostat.

#4. Makanan diet

Khasiat salak juga bisa menjadi makanan untuk diet. Anda tidak memerlukan makanan mahal atau mewah untuk program diet. Cukup dengan memasukkan salak ke dalam daftar menu diet sehat Anda. Buah ini pun juga mudah untuk dicari untuk dikonsumsi.

#5. Mencegah penyakit kanker

Manfaat salak lebih jauh lagi untuk penyakit kronis yaitu mencegah penyakit kanker. Buah ini akan membantu tubuh Anda untuk memperbaiki jaringan sel yang rusak. Perlu Anda ketahui bahwa salah satu penyabab munculnya penyakit kanker adalah akibat kerusakan sel pada tubuh.

#6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Khasiat salak untuk daya tahan tubuh juga sudah terbukti dengan pengujian kandungan vitamin dan mineralnya. Terutama kandungan vitamin C yang sangat dibutuhkan untuk memperkuat ketahan tubuh dari serangan penyakit.

#7. Mencegah Sembelit

Ada mitos yang berkembang bahwa jika mengonsumsi buah salak maka akan mengakibatkan susah untuk BAB. Padahal mitios tersebut tidak sepenuhnya benar. Menurut F.X Wahyurin Mitano, ahli gizi dari RSUD dr Soetomo mengatakan bahwa sebaiknya ketika mengonsusmsi buah salak jangan anda buang kulit arinya. Sebab kulit ari dalam buah itu adalah mengandung serat, kandungan serat itulah yang memungkinkan untuk mengurangi sembelit pada anda mengonsumsi buah salak. Salak juga memiliki kandungan tanin yang dikenal sebagai anti diare.

#8. Menjaga stamina tubuh

Stamina tubuh yang prima akan membuat Anda siap untuk melakukan aktivitas setiap hari. Manfaat salak untuk stamina tubuh yaitu menjaganya agar tetap fit dan tidak mudah lelah. Buah ini cocok untuk Anda dengan profesi kerja yang cukup berat.

#9. Nutrisi bagi ibu hamil

Ibu hamil pun bisa disarankan untuk memakan buah yang sehat seperti salak. Buah ini bisa memberikan nutrisi yang baik untuk ibu hamil dan juga janin yang dikandungnya. Buah ini tidak akan menimbulkan efek berbahaya bagi janin.

#10. Anti oksidan

Buah salak juga menjadi salah satu jenis buah yang mampu menjadi anti oksidan. Fungsi anti oksidan ini adalah fungsi untuk melindungi tubuh Anda dari serangan berbahaya akibat terpapar radikal bebas.

#11. Mengatasi Anemia

Buah salak juga bermanfaat untuk mengatasi anemia, hal ini dikarenakan kandungan tiamin dan manfaat zat besi yang sangat baik untuk membantu kesehatan ibu hamil. Zat besi menjadi salah satu pemeran penting dalam memproduksi sel darah merah. Ibu hamil membutuhkan sel darah merah yang lebih tinggi karena digunakan untuk menyumbang oksigen lewat plasenta pada janin. Kekurangan oksigen akan sangat berbahaya pada nyawa janin dan ibu hamil.

#12. Mengatasi Gangguan Asam Lambung

Buah salak juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan asam lambung, untuk mengatasi hal ini maka ibu hamil bisa makan buah salak. Salak akan mengurangi rasa mual dan membuat pencernaan menjadi normal lagi.

#13. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium pada buah salak bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Asupan salak bisa mencukupi jumlah kalium yang dibutuhkan oleh tubuh.

#14. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah salak juga mengandung kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, khusus untuk ibu hamil, salak bermanfaat untuk membentuk jaringan kerangka tulang pada janin. Selain itu, kalsium juga dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mempersiapkan tubuh dalam kelahiran. Manfaat salak untuk ibu hamil mengandung kalsium yang membantu menyumbang kecukupan kalsium harian. Selain itu, buah salak juga penting untuk membantu ibu hamil agar memiliki stamina yang sehat dan kuat.

#15. Membantu Sistem Memori pada Janin

Manfaat buah salak yang terakhir adalah untuk membentuk kecerdasan dan mempertahankan memori dalam otak. Kandungan pektin dalam buah salak ternyata juga sangat efektif untuk membangun sistem kecerdasan pada janin. Hal ini dikarenakan kandungan pektin pada buah salak.

#16. Menyembuhkan Rabun jauh

Ketajaman mata saja tidak dapat diperbaiki hanya dengan menggunakan vitamin A. Manfaat vitamin A hanya meningkatkan ketajaman melihat cahaya dan juga gelap (malam kebutaan). Gangguan rabun jauh bukan masalah dalam retina namun sumbu mata yang dipersingkat, sehingga obat-obatan juga digunakan. Seperti penggunaan kacamata dapat karena yang banyak dilakukan, sehingga kacamata dianggap obat pastinya.

#17. Dapat menyehatkan kulit

Mengkonsumsi buah salak secara rutin dapat bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan kulit dari dalam , sehingga kulit akan terlihat lebih fress dan awet muda.

Demikian informasi yang dapat diberikan mengenai manfaat buah salak untuk kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat dan dapat mengkonsumsi buah salah sesuai aturan tidak berlebihan juga. Supaya manfaat yang didapat lebih terasa pada kesehatan tubuh anda. Dan sampai jumpa lagi di artikel yang lain.

0 komentar:

Post a Comment