Banyak Minum Air Putih Bagi Ibu Menyusui Sehat Lho! - www.TempatBerbagi.xyz
Friday 3 February 2017

Mengkonsumsi Air Putih Bagi Kesehatan Sangat Baik Untuk Ibu Menyusui

Tempatberbagi.xyz - Air putih yang sudah biasa kita minum seperti kita ketahui memiliki banyak manfaat, sayangnya karena dianggap sudah biasa, minum air putih terkadang dianggap hal sepele, sehingga kerap terlupakan oleh kita. Sebenarnya minum air putih tidak hanya dibutuhkan oleh bunda menyusui saja, Setiap kita pun butuh dan harus memperbanyak konsumsi air putih demi kesehatan.

Dengan minum air putih maka akan membantu proses pembuangan sisa metabolisme bunda. sisa-sisa metabolisme ini kalau tidak segera dibuang didalam tubuh kita dapat menjadi racun, nah efeknya adalah bunda bisa terganggu kesehatannya yang menyebabkan keseimbangan hormonal juga terganggu salah satunya adalah hormon oksitosin yang berfungsi dalam produksi ASI. Kalau hormon ini terganggu bisa menjadikan produksi ASI menjadi sedikit. Meskipun demikian, perlu disadari bahwa yang diperlukan adalah konsumsi air putih yang berimbang dan tidak berlebihan. Pilihlah sumber air putih terbaik dan sesuai dengan kebutuhannya.

Kisaran jumlah air yang dibutuhkan memang cukup besar mengingat setiap ibu hamil atau menyusui menghadapi kondisi yang berbeda-beda. Perlu diingat air yang masuk ke dalam tubuh tidak selalu harus dihitung dari minum air putih saja. Makanan yang dikonsumsi mengandung 20% dari keseluruhan asupan air tubuh, sedangkan sisanya dipenuhi dari asupan air langsung. Dianjurkan untuk minum sebelum haus. Saat rasa haus muncul, maka tubuh sudah mengalami hipovelemia ringan. Asupan air yang cukup ternyata sangat bermakna dalam mencegah penyakit tertentu serta kekambuhannya.

Kondisi fisiologis seperti hamil dan menyusui merupakan beberapa faktor penting yang harus dipertimbangkan dalam memperhitungkan kebutuhan air seseorang, di samping suhu lingkungan dan suhu tubuh. Asupan air yang kurang akan menimbulkan masalah bagi kesehatan, sebaliknya asupan air yang terlalu banyak juga akan menimbulkan masalah kesehatan yang cukup berarti khususnya pada mereka yang menderita penyakit gagal ginjal atau gagal jantung.

Saat bunda menyusui secara tidak langsung bunda memberikan cairan tubuh kepada si kecil dalam bentuk ASI. Inilah yang menyebabkan kenapa selama menyusui, bunda perlu mendapatkan cairan ekstra dibanding saat sedang tidak menyusui. Prinsip dasarnya, jumlah cairan yang bunda keluarkan termasuk dalam bentuk ASI harus sebanding dengan jumlah cairan yang dimasukan.

Eropa telah membuat rekomendasi untuk kecukupan asupan air bagi Ibu Menyusui. Ibu Menyusui, menambahkan 700 ml air putih dari jumlah yang seharusnya perempuan dewasa minum (sekitar 2 liter) sehingga per harinya, ibu menyusui disarankan minum air putih 2,7 liter.

Rata-rata anak bayi usia 6 bulan mengkonsumsi air susu ibu sekitar 950 ml setiap harinya, dan 90 persen komponen ASI adalah air, hal ini adalah gambaran kasar akan kebutuhan tambahan cairan bagi ibu menyusui. Para ahli laktasi merekomendasikan bunda untuk menambah sekitar 4 gelas cairan diluar rekomendasi kebutuhan dasar yang mencapai 8 gelas per hari.

Harap diingat bahwa hal ini bukan berarti semakin banyak bunda minum air akan semakin banyak produksi susu. Hasil penelitian mengungkap, memaksakan minum cairan dalam jumlah yang terlalu banyak dapat menurunkan produksi air susu.

Berikut adalah saran tepat untuk memenuhi kebutuhan cairan ibu menyusui agar mereka tidak mengalami dehidrasi.

  • Biasakan untuk membawa botol minuman kemanapun ibu menyusui pergi, dan selalu siapkan segelas air didekat ibu yang sedang menyusui.
  • Minum cukup air ketika sedang haus dan tambahkan sedikit dari biasanya. Harap diingat, haus bukan satu-satunya indikator tubuh kurang cairan.
  • Hindari konsumsi minuman berkafein. Selain kandungan kafein yang bisa masuk kedalam ASI dan tidak bagus untuk bayi, kafein berperan sebagai diuretik atau pemicu buang air kecil.
  • Konsumsi setidaknya 8 gelas air putih plus ekstra beberapa gelas setiap harinya untuk memastikan ibu menyusui cukup cairan.

Selama bunda membiasakan minum 8 gelas cairan plus beberapa gelas tambahan, bunda tidak perlu khawatir kekurangan cairan tubuh selama menyusui.

Demikian informasi yang dapat diberikan seputar mengkonsumsi air putih untuk ibu menyusui bagus untuk kesehatan ibu dan bayi. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan wawasan bagi ibu menyusui.

0 komentar:

Post a Comment